Penggunaan Mist Blower MIURA

Petunjuk Cara Pemakaian Mist Duster/Blower MIURA MD-3WF3

 
Pada prinsipnya baik cara pemakaian maupun pemeliharaannya hampir sama dengan Handsprayer. Hanya bedanya Mist Blower mempergunakan tenaga mesin dan biasanya dipakai di tempat yang terbuka/luas, contohnya di halaman luar atau di perkebunan.
 
 
Mesin ini digunakan untuk di luar ruangan dan menggunakan motor bakar 2 silinder untuk menggerakkan rotari blower dan nozzle sistem vortical. Partikel yang disemburkan berada di bawah kisaran 20 mikron dengan output sekitar 45 ml – 160 ml  per menit. Jika dipasang double nozzle outputnya sekitar 360 ml per menit.
Kinerja mesin tergantung dari penyetelan gas agar menghasilkan hembusan udara sebesar 2,68 m3 per menit dan tekanan 3 psi.
 
Cara Menghidupkan
 
  1. Buka aliran bensin
  2. Apabila mesin masih dingin, tekan choke karburator sehingga bensin di tempat karburator penuh
  3. Buka gas kurang lebih setengahnya
  4. Tarik starter dengan hati-hati, jangan dihentakkan
  5. Apabila mesin hidup, mulailah mengatur gas sehingga mesin berjalan normal 
 
Pemeliharaan Preventif
 
  1. Setelah Mist Blower selesai digunakan, sebaiknya segera dibersihkan/dicuci dengan air yang bersih sehingga tidak ada lagi larutan kimia yang tertinggal dalam tangki, selang-selang dan nozzle.
  2. Hidupkan mesin dan semprotkan sampai tidak ada lagi semburan
  3. Kosongkan tangki bensin dan hidupkan mesin sampai mati dengan sendirinya
  4. Buka Busi dan teteskan oli secukupnya
  5. Simpan di tempat yang aman, tidak terkena langsung cahaya matahari dan jauh dari templas air hujan.
  6. Per Stater secara rutin perlu dibersihkan dan diberi minyak pelumas, karena kalau tidak diperhatikan maka akibatnya per tersebut  akan mudah putus atau macet
  7. Mengingat alat tersebut bermesin 2 tax yaitu tidak  memakai pelumas tersendiri, melaksanakan minyak pelumas dicampur sekaligus menjadi bahan bakar, maka dari itu ada beberapa bagian yang perlu mendapat perhatian yaitu:
-         Memeriksa bahan bakar, apakah campurannya sudah merata dengan baik sesuai petunjuk
-         Memeriksa busi, apakah ukuran dan pengapiannya sudah baik. Jangan mempergunakan sembarang busi yang bukan ukurannya
-         Memeriksa knalpot, jangan sampai berkerak dan mampet
 
 
Gangguan dan Pemecahannya
 
  1. Apabila campuran bahan bakarnya tidak merata/tidak imbang antara oli dan bensinnya (kebanyakan bensin) maka akan menimbulkan mesin cepat panas dan rusak terutama piston ring dan blok mesin akan aus dan luka. Bisa juga ring piston akan patah yang akhirnya macet.
 
Campurlah bahan bakar sesuai dengan petunjuk manual dari MIURA, Apabila menggunakan Oli 2 Tx rasionya adanya 1:50; apabila mempergunakan oli Oli SAE 20-30 maka rasionya 1:25
  1. Ukuran busi Mist Blower yang benar adalah busi yang dratnya pendek. Apabila menggunakan busi yang bukan ukurannya atau kebanyakan yang panjang, maka mesin tidak akan hidup melainkan akan macet, akr pistonnya tertahan oleh busi tadi
  2. Apabila knalpotnya berkerat/mampet maka pengaruhnya akan sama seperti pengaruh yang tersebut diatas